4.Mengutamakan Sarapan

Dalam budaya Jepang, pagi adalah saat makan yang paling penting dalam sehari. Warga Jepang selalu mengusahakan agar mereka sempat sarapan sebelum menjalani aktivitas sehari-hari. Menu makan pagi mereka beragam dan sehat.

Biasanya terdiri dari seporsi kecil nasi, sup miso dengan tahu dan kaldu, lebaran nori (rumput laut kering), serta telur dadar atau ikan. Menu yang sederhana tetapi nutrisinya cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh sampai saat makan siang.

5.Makan dengan Porsi Secukupnya

Porsi Kecil
Porsi Kecil

Warga Jepang terbiasa makan hidangan yang bervariasi dengan porsi yang tidak berlebihan. Makanan di Jepang selalu disajikan dalam piring atau mangkok kecil.

Orang-orang di sana pun sejak kecil sudah diajarkan untuk tidak mengisi piring mereka penuh-penuh dan selalu makan dengan perlahan agar hidangan yang dimakan dicerna dengan baik dan nutrisinya terserap secara sempurna dalam tubuh.

6.Rajin Berolahraga

Warga Jepang rajin melakukan aktivitas fisik. Mereka rutin melakukan latihan ringan agar tubuh selalu bugar. Mereka lebih memilih bersepeda atau berjalan kaki daripada naik kendaraan umum. Selain itu mereka memiliki kebiasaan untuk selalu berjalan dengan cepat.

Hal ini berkaitan dengan anggapan yang berlaku di sana bahwa orang yang berjalan dengan lambat atau tidak suka melakukan aktivitas fisik adalah orang yang pemalas.

7.Suka Memijat Wajah Setiap Malam

Pijat Wajah
Pijat Wajah

Memijat wajah merupakan salah satu ritual perawatan kulit bagi masyarakat Jepang dan Cina. Kegitan memijat setiap malam sehabis membersihkan wajah merupakan bagian dari tradisi leluhur yang dapat memperlancar peredaran darah, sehingga wajah pun tampak lebih segar dan produk perawatan kulit menjadi mudah menyerap ke kulit wajah.

Baca Juga : Perempuan!!! Lakukan 20 Cara Mudah Ini Untuk Menghilangkan Gatal Akibat Infeksi Jamur di Vagina

Daerah pemijatan yang benar adalah di antara kedua alis, garis senyum, dan di samping kedua mata bagian luar.

8.Tidak Pernah Melupakan Makanan Laut

Makanan Laut
Makanan Laut

Rumput laut dan ikan selalu menjadi makanan wajib masyarakat Jepang, khususnya wanita. Makanan yang mengandung vitamin C, mineral dan serat itu tentunya sangat membantu kamu yang bermimpi memiliki kulit awet muda.

9.Air Cucian Beras

air cucian beras
air cucian beras

Inilah resep tradisional kecantikan masyarakat Jepang yang masih dijaga hingga kini. Air cucian beras dapat digunakan sebagai toner yang bisa dimanfaatkan untuk pelembab alami.

10.Minum teh hijau

Teh Hijau
Teh Hijau

Minuman yang satu ini memang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat jepang. Teh hijau dikenal baik untuk kesehatan dan juga bermanfaat untuk kecantikan karena kandungan antioksidan tinggi yang dapat mengangkat radikal bebas.

Tidak hanya diminum, ampas teh hijau juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan wajah supaya jerawat menghilang.

11.Mengkonsumsi Makanan Fermentasi

Orang Jepang sering makan makanan fermentasi seperti kefir, kombucha, sauerkraut, miso, tempe dan kimchi. Makanan fermentasi dibuat melalui proses fermentasi lacto. Dalam proses ini, bakteri alami memakan gula dan pati dalam makanan dan menciptakan asam laktat.

Fermentasi mempertahankan nutrisi alami dalam makanan dan menciptakan enzim yang bermanfaat, vitamin B, asam lemak omega-3 dan berbagai strain probiotik. Makanan fementasi juga dapat memecah makanan agar lebih mudah dicerna, membantu pencernaan, yang pada akhirnya membantu penurunan berat badan.

Selain itu, membantu mengusir racun berbahaya dan logam berat pada jaringan sel. Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology melaporkan ada hubungan antara produk susu fermentasi dan pertumbuhan mikroba usus bermanfaat.

Studi ini juga mencatat pentingnya temuan bahwa makanan fermentasi non-susu dan herbal dapat memiliki pengaruh positif pada mikrobiota usus.

Klik Untuk Membaca Halaman Berkutnya >>

<<Klik Untuk Membaca Halaman Sebelumnya

Iklan

Laman: 1 2 3 4 5