Khasiat Bawang Putih Untuk Wasir

  1. Bawang putih dapat digunakan sebagai supositoria untuk menyingkirkan wasir .
  2. Ia bekerja dengan memperkuat pembuluh darah dan menghancurkan kuman di daerah dubur. Juga mengurangi peradangan kulit.
  3. Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang menenangkan daerah yang meradang di dalam dan sekitar anus.
  4. Sifat zat dari ramuan membantu dalam mempercepat pemulihan dari dinding yang rusak pada pembuluh darah.
  5. Bawang putih dapat membersihkan saluran usus dan mengurangi ketidak nyamanan di perut.

Cara Pengobatan Bawang Putih untuk Wasir

  1. Mengkonsumsi bawang putih adalah cara yang efektif untuk mengurangi rasa sakit, gatal, dan iritasi yang terkait dengan wasir. Atau menambahkannya ke dalam makanan.
  2. Untuk menggunakan bawang putih sebagai supositoria, sahabat sehat dapat mengupas sepotong kecil bawang putih dan mendorongnya sedikit di dalam rektum. Biarkan supositoria bawang putih semalam dan membiarkan gerakan usus normal membuangnya.
  3. Bawang putih bisa mengobati wasir dengan cara dioles. Caranya cukup mudah ambil bawang putih satu atau dua butir bawang putih lalu tumbuh sampai benar-benar halus, lalu campurkan dengan air panas dan aduk sampai merata. Lalu siapkan kain atau saringan halus, dan saring campuran air putih dengan bawang putih tadi. Oleskan setiap hari diarea benjolan wasir diusahakan sehabis BAB, karena sehabis BAB benjolan wasir posisi keluar. Oleskan ramuan tadi setiap hari dengan dibaengi konsumsi air putih secara rutin, niscaya wasir akan perlahan mengecil dan lama-lama akan hilang. Harap dicatat : gunakan secara teratur kalau benar-benar ingin sembuh, kalau tidak teratur jangan harap bisa sembuh total dari wasir.

Namun, dalam beberapa kasus cara ini dapat menyebabkan efek samping seperti nafas dan bau badan, sakit perut, mulas, dan reaksi alergi. Selain itu, penggunaan bawang putih untuk perdarahan wasir karena hal ini dapat memperburuk kondisi.

Efek Samping Bawang Putih untuk Wasir

Meskipun cukup aman bagi orang dewasa tetapi herbal ini terkadang juga dapat menimbulkan efek samping seperti mulas, bau napas berlebihan, sakit perut, reaksi alergi.

Interaksi Obat Bawang Putih untuk Wasir

Bawang putih dapat menghambat penyerapan isoniazid. Selain itu pada obat HIV/AIDS Non-Nukleosida Inhibitor Transcriptase Reverse (NNRTI) juga dapat menurunkan efektivitasnya.

Karena memperlambat pembekuan darah sebaiknya hindari mengkonsumsi pil bawang putih jika sahabat sehat mengkonsumsi obat antikoagulan/antiplatelet berikut:

Aspirin, clopidogrel, dalteparin, enoxaparin, heparin, warfarin, diklofenak, ibuprofen, naproxen dan lain-lain.

Bawang putih memang banyak digunakan sebagai obat untuk mengobati berbagai penyakit terkait dengan sistem peredaran darah, sakit kepala, sakit perut pilek, flu, serta memperbaiki sistem imunitas dan mencegah infeksi bakteri dan jamur.

Namun, penggunaan minyak bawang putih yang dioleskan langsung pada infeksi jamur, kutil, dan mata ikan, masih perlu dilakukan studi lebih lanjut. Demikian juga penggunaan bawang putih pada wasir.

Khususnya jika bawang putih digunakan sebagai obat pada ibu hamil dan wanita menyusui, hal ini masih dianggap belum aman.

Menyembuhkan Wasir/Ambeien pada Masa Kehamilan

Wasir Pada Masa Kehamilan
Wasir Pada Masa Kehamilan

Menyembuhkan wasir pada saat mengandung mungkin sedikit sulit dibanding menyembuhkan wasir setelah melahirkan. Oleh karena itu, seorang pakar kebidanan dan kandungan dari Mayoclinic, Roger W. Harms, M.D. memberikan 9 cara berikut untuk menyembuhkan wasir

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara berikutnya yang paling mudah dan murah untuk menyembuhkan wasir adalah mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin. Dengan mengkonsumsi air putih, feses akan cenderung melunak. Anjurannya adalah 1,5 liter sampai 2 liter sehari.

Baca Juga : Keluarga Anda Memiliki Asam Urat Tinggi? Inilah 25 Cara Mengobati dan Menormalkan Asam Urat dengan Bahan Alami

2. Lakukan Orahraga Ringan

Berenang atau jalan kaki selama 30 menit dapat menjadi olahraga yang cocok untuk Ibu hamil. Dengan begitu Ibu hamil dapat membantu otot-otot di saluran pencernaannya untuk aktif mendorong sisa makanan ke saluran pembuangan.

3. Biasakan untuk Tidak Menahan Buang Air Besar

Jangan biasakan menahan diri untuk buang air besar karena dapat mengakibatkan feses mengeras dan membuat proses mengejan menjadi lama.

Jika sahabat sehat mengalami kesulitan untuk buang air besar, cobalah untuk mengkonsumsi segelas air hangat pada pagi hari sebelum buang air besar. BAB yang tidak lancar juga disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh.

4. Duduk Berendam di Air Hangat

Cara ini cukup efektif untuk menyembuhkan wasir. Karena air panas memiliki manfaat untuk mencairkan pengumpalan darah yang beku. Lakukan secara rutin setelah buang air besar.

Cukup menyiapkan sebuah baskom atau ember yang bisa sahabat sehat duduki selama 10-15 menit, kemudian tuangkan air panas dengan suhu 40-60 derajat celsius atau secukupnya.

5. Menggunakan Es Batu

Es batu dapat dimanfaatkan untuk meredakan rasa nyeri dan mengurangi aliran darah pada pembuluh darah yang melebar. Ambil beberapa es batu dan pecahkan es batu tersebut menjadi pecahan kecil.

Taruh pecahan es batu tersebut ke dalam plastik kemudian tutup dengan handuk tebal lalu duduklah diatasnya sekitar 10 menit. Lakukan secara rutin beberapa kali sehari untuk menyembuhkan wasir.

6. Kurangi Tekanan Perut dengan “SOS”

“SOS” yang dimaksud di sini bukan save our soul melainkan sleep on side atau berbaring dengan posisi miring. Dengan sering berbaring bolak-balik ke kiri atau kanan, maka Ibu hamil dapat mengurangi tekanan uterus terhadap pembuluh darah besar yang ada di bagian belakang perut sehingga bayi bisa mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal. Selain itu juga dapat membantu ginjal untuk membuang kotoran dari tubuh Ibu sehingga kaki dan tangan tidak bengkak.

7. Area Dubur Harus Selalu Bersih

Pakailah tisu basah setelah buang air besar. Tisu basah yang hendak digunakan ada baiknya tidak memiliki kandungan alkohol dan pewangi. Jika perlu gunakanlah tisu khusus untuk penderita wasir.

8. Rutin Konsumsi Sayur dan Buah-Buahan Setiap Hari

Sayur – sayuran dan buah-buahan dapat yang baik untuk Ibu hamil yang menderita wasir adalah yang mengandung banyak serat dan vitamin, seperti pepaya atau bayam.

Hindarilah mengkonsumsi buah dan makanan yang pedas, lemak atau asam. Karena makanan tersebut dapat membuat feses menjadi keras dan mengakibatkan proses mengejan jadi lama dan sulit.

9. Mencoba Bahan Alami untuk Menyembuhkan Wasir

Salah satu tanaman alami yang cocok untuk menyembuhkan wasir adalah lidah buaya.Tanaman serbaguna ini pun dapat digunakan untuk menyembuhkan wasir. Tak heran, karena tanaman ini mempunyai sifat anti-radang dan juga memberikan sensasi dingin sehingga dapat mengurangi rasa panas pada dubur. Caranya, potong beberapa lidah buaya, kemudian oleskan lendirnya pada dubur sahabat sehat.

Jika saran tersebut di atas masih tidak membantu menyembuhkan wasir sahabat sehat, atau bahkan kondisinya makin parah hingga menimbulkan pendarahan. Segera konsultasikanlah ke dokter kandungan sahabat sehat untuk merekomendasikan jenis obat yang aman untuk kandungan.

Pencegahan Ambeien Atau Wasir

Mencegah Wasir
Mencegah Wasir
  1. Menghindari mengejan ketika buang air besar
  2. Menghindari konstipasi dan diare dengan mengonsumsi makanan serat tinggi dan meminum banyak cairan atau meminum suplemen serat
  3. Cukup berolahraga jangan berlebihan
  4. Disarankan juga untuk mengurangi waktu yang digunakan untuk mencoba buang air besar
  5. Menghindari membaca ketika di toilet
  6. Juga menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan
  7. Menghindari mengangkat beban berat

Penderita Wasir di sarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan dan minum-minuman serta buah-buahan yang dapat menyebabkan sembelit seperti:

  • Buah Durian
  • Buah Salak
  • Makanan yang bersantan
  • Cabai
  • Minuman beralkohol dan bersoda
  • Makanan yang terlalu pedas
  • Terlalu asam, makanan yang mengandung lemak berlebihan
  • Makanan serta minuman yang terlalu panas

Memanfaatkan bawang putih sebagai obat wasir harus dilakukan dengan berhati-hati. Jika gejala berlanjut dan tidak segera membaik, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Demikianlah informasi yang dapat segerwarasweb sampaikan mengenai Cara Mengobati Wasir Dengan Bawang Putih semoga bisa membantu dan bermanfaat juga bagi yang masih kena gejala saja.

<<Klik Untuk Membaca Halaman Sebelumnya

Iklan

Laman: 1 2 3