3. Adanya Tonjolan

Pembesaran pembuluh darah dapat berbentuk tonjolan yang keluar dari anus. Tonjolan lunak ini keluar di saat pengidap melakukan BAB. Biasanya, jika sudah mulai ada tonjolan, artinya wasir sudah memasuki tahap lanjutan.

“Bila tonjolan masih dapat dimasukan lagi secara spontan dalam anus, artinya wasir belum terlalu parah, namun sudah harus mendapatkan penanganan segera,” kata Panondang menekankan.

Namun, apabila sampai muncul benjolan di luar anus dan tidak dapat dimasukkan lagi. Ini merupakan tahap tingkat parah yang berbahaya jika dibiarkan, penangannya mungkin harus memerlukan operasi.

4. Muncul Rasa Sakit

Rasa sakit terjadi di anus terutama sehabis BAB. Sakit bisa jadi akibat pecahnya pembuluh darah utamanya karena penekanan di feses.

Selain itu, rasa sakit juga muncul ketika duduk, ketika sahabat sehat duduk akan muncul rasa tidak nyaman yang mengganggu. Kadang sampai terasa sakit pula di punggung bagian bawah.

5. Rasa Gatal

Awalnya terasa gatal namun lama-kelamaan menjadi bengkak (iritasi). Rasa gatal ini dipicu infeksi dari luka pada pembuluh darah yang pecah. Lantaran anus merupakan tempat bermuaranya feses, maka kemungkinan infeksinya tinggi.

Selain itu, munculnya gatal di dubur ini umumnya dikarenakan oleh tak bersihnya anus atau dubur sesudah BAB & hal ini merupakan ciri-ciri penyakit wasir yg mesti diwaspadai. Karena rasa gatal yang timbul ini begitu intens sehingga sulit ditahan.

6. Meningkatnya Keinginan BAB

Terjadi peningkatan keinginan BAB meski jika dituruti kotoran tidak keluar. Dan malah memperparah benjolan yang ada. Namun bila keluar, feses akan keluar dengan sendirinya. Tidak ada rangsangan seperti baisanya seperti mulas atau apapun.

7. Rasa Mengganjal

Setelah BAB (buang air besar), seperti ada sensasi rasa mengganjal yang mengesankan bahwa proses BAB belum berakhir. Akibatnya, penderita mengejan lebih kuat, di mana tindakan ini justru membuat wasir semakin parah.

Kadang di sekitar anus juga terdapat bintil – bintil berwarna merah kebiru-biruan. Jika gejala ini sudah muncul segera ke dokter.

Komplikasi Wasir Ambeien Hemoroid

Komplikasi Wasir
Komplikasi Wasir

Komplikasi jarang terjadi saat wasir. Komplikasi tersebut biasanya mencakup :

  • Anemia: Kehilangan darah kronis dari wasir dapat menyebabkan anemia, di mana sahabat sehat tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke sel-sel sahabat sehat, sehingga kelelahan dan kelemahan seringkali melanda.
  • Strangulata wasir: Jika suplai darah ke wasir internal terputus, wasir mungkin “tercekik” dan dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat dan menyebabkan kematian jaringan (gangren).

Jangan acuhkan dan remehkan penyakit wasir yang sahabat sehat derita, karena sahabat sehat bisa dibuat menderita seumur hidup oleh wasir yang tidak ditanggulangi dengan baik sampai ke akar-akarnya (penybabnya).

Faktor Penyebab Sakit Wasir atau Ambeien (Hemoroid)

Penyebab Wasir
Penyebab Wasir

Tidak semua yang kita anggap baik itu selamanya baik, terkadang karena kita ceroboh dalam melakukannya, ujung-ujungnya dapat mengganggu kesehatan juga. Seperti yang telah kita sepakati bahwa ”tidak mungkin suatu penyakit menyerang tubuh jika tidak ada penyebabnya”

Baca Juga : Perempuan!!! Lakukan 20 Cara Mudah Ini Untuk Menghilangkan Gatal Akibat Infeksi Jamur di Vagina

Nah bagi wasir sendiri, ternyata masih banyak penyebabnya yang sering di abaikan. Jika sahabat sehat terbiasa melakukan kegiatan ini maka segera hilangkan sekarang juga jika tidak ingin terinfeksi penyakit wasir. Beberapa kebiasaan tersebut, antara lain:

  1. Terlalu lama duduk ( duduk seharian ), karena terlalu lama duduk membuat pelebaran pada bibir anus, yang bisa menyebabkan benjolan pada anus kita.
  2. Menderita diare yang lama ( diare yang tidak kunjung sembuh ).
  3. Adanya perubahan hormon esterogen yang meningkat pada wanita hamil.
  4. Karena faktor keturunan dari penderita wasir.
  5. Melakukan hubungan sex yang tidak lazim (seks anal).
  6. Sering mengalami sembelit/konstipasi saat BAB, karena kurangnya asupan air putih juga makanan berserat, sehingga wasir dengan mudah akan muncul.
  7. Terjadinya penekanan kembali aliran darah vena.
  8. Pola makan yang sembarangan ( merokok, sering makan makanan yang pedas dan bersantan, sering minum alkohol dan soda ) dan gaya hidup yang tidak teratur.
  9. Kurang berolahraga atau kesalahan olahraga.
  10. Sering mengangkat beban yang berat-berat.
  11. Mengejan terlalu keras.
  12. Memaksa buang air besar.
  13. Kegemukan.
  14. Tidak adanya katup di dalam pembuluh-pembuluh hemoroid.
  15. Usia lanjut.
  16. Batuk Kronik dan gangguan fungsi dasar panggul.

Setelah kita bahas pengertian wasir, gejala wasir dan juga penyebab-penyebab munculnya wasir, kali ini kita akan membahas cara mengobati wasir secara alami. Sebenarnya banyak cara alami mengatasi wasir, tapi kali ini kita akan membahas cara alami mengobati wasir dengan bawang putih.

Cara Mengobati Wasir dengan Bawang Putih

Mengobati Wasir Dengan Bawang Putih
Mengobati Wasir Dengan Bawang Putih

Ada beberapa cara alami yang bisa sahabat sehat gunakan untuk mengatasi wasir dan diantarnaya yaitu mengobati wasir dengan bawang putih. Senyawa gizi didalam bawang putih diyakini mampu meredakan bengkaknya pembuluh darah dianus sehingga benjolan wasir akan mengempis dan hilang.

Bawang putih bahkan dijuluki sebagai yang paling ampuh “obat ajaib” yang dikenal manusia. Ini berfungsi sebagai antibiotik yang kuat, mengurangi tekanan darah dan gula darah, membentengi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kanker untuk menyebabkan efek nitrat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat bawang putih untuk wasir dapat menjadi obat yang efektif. Bawang putih (Allium sativum) dikenal untuk manfaat pengobatan dan kuliner, tetapi dapat meringankan wasir.

Manfaat Bawang Putih untuk Wasir

Bawang putih memiliki 4 efek penting dalam penyembuhan wasir yaitu sebagai antibiotik, antioksidan, menghilangkan bekuan darah dan mengurangi tekanan darah.

Penelitian terbaru telah mengidentifikasi agen aktif dalam bawang putih. Agen aktif ini disebut allicin. Allicin bertanggung jawab untuk sebagian besar manfaat kesehatan dari bawang putih serta aromanya. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sumber bawang putih yang masih mengeluarkan aroma bawang putih yang khas.

Allicin telah dipelajari secara ekstensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zat aktif yang merupakan mekanisme pertahanan bawang putih terhadap hama.

Allicin memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Belerang yang terkandung dalam struktur ini bertanggung jawab untuk sifat-sifat antibiotik, tetapi ini juga mengapa bawang putih dapat mengiritasi jaringan lunak lubang anus pada beberapa orang.

Ketika bawang putih dipotong atau dihancurkan, isi allicin terurai dan berubah menjadi senyawa yang disebut asam 2-propenesulfenic. Senyawa ini bertanggung jawab untuk kandungan antioksidan bawang putih karena mengikat radikal bebas yang berbahaya.

Allicin aman digunakan tapi dosis tinggi dapat mengurangi kemampuan darah untuk membeku yang menyebabkan pendarahan yang berlebihan dari wasir.

Klik Untuk Membaca Halaman Berkutnya >>

<<Klik Untuk Membaca Halaman Sebelumnya

Iklan

Laman: 1 2 3