17. Faktor Kelainan

Faktor kelainan ini terdiri dari 2 macam, yaitu kelainan anatomi dan non-anatomi. Untuk faktor kelainan anatomi misalnya seperti penyakit kista ovarium (kista indung telur), myoma uteri, dan juga kanker bisa membuat siklus haid terlambat atau tertunda.

Sedangkan untuk faktor non-anatomi bisa berupa gangguan hormonal seperti yang tadi sudah dijelaskan. Faktor non-anatomi lain yang bisa menjadi penyebab terlambat datang bulan adalah penggunaan alat kontrasepsi yang mengakibatkan pembekuan darah.

18. Kelelahan

Kelelahan
Kelelahan

Kelelahan berat juga bisa membuat menstruasi terlambat datang. Tubuh yang lelah akan memicu masalah produksi melatonin sehingga bisa memicu gangguan tidur yang akhirnya berimbas pada semakin kacaunya siklus menstruasi pada wanita.

Kurang istirahat yang cukup, juga berdampak pada siklus menstruasi. Ketika sahabat sehat terlalu capek karena kesibukan Mekanisme pembentukan dinding rahim yang baru juga akan terhambat.

Akibatnya, datang bulan atau menstruasi sahabat sehat hanya berlangsung sebentar saja, kemudian berhenti, lalu menstruasi terjadi kembali. Hal ini semata-mata disebabkan karena kondisi fisik yang tidak fit.

Jadi jika kegiatan sangat banyak, cobalah untuk menguranginya agar sahabat sehat punya waktu untuk tidur yang cukup sehingga siklus menstruasi kembali normal.

19. Perubahan Rutinitas

Perubahan rutinitas, misalnya bangun tidur di zona waktu yang berbeda, membuat tubuh menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Selain itu jika memiliki banyak kebiasaan yang berubah jam aktivitasnya, hal ini dapat menyebabkan datang bulan jadi terlambat.

Hal ini biasanya terjadi pada karyawan yang mengalami shift (perubahan dan perpindahan jadwal) kerja. dari yang awalnya shift malam kemudian pindah ke shift pagi atau siang.

Menstruasi Terlambat Bukan Ancaman buat Kesehatan

Menstruasi Terlambat Bukan Ancaman
Menstruasi Terlambat Bukan Ancaman

Buat sahabat sehat yang memiliki anak gadis, jangan khawatir bila mereka terlambat menstruasi. Berdasarkan penelitian terbaru, remaja yang baru mengalami menstruasi pada usia 12 tahun atau lebih dan menopause pada usia 50 tahun atau lebih, kemungkinan besar akan hidup hingga usia 90 tahun.

Vitamin Berdasarkan Usia

Sekitar 55 persen dari total 16 ribu responden penelitian hidup hingga usia 90 tahun. Penelitian ini dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas California San Diego di Amerika Serikat, seperti dilansir laman EurekAlert.

“Wanita yang baru mengalami menstruasi pada usia yang lebih tua memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung koroner dan mereka yang menopause pada usia yang lebih tua memiliki kesehatan yang lebih baik,” tutur Aladdin Shadyab, perwakilan dari universitas tersebut.

Selain itu, berdasarkan penelitian itu, wanita yang baru mengalami menstruasi dan menopause pada usia yang lebih tua, juga memiliki risiko yang rendah menjadi seorang perokok dan menderita diabetes.

“Kebiasaan merokok dapat merusak sistem kardiovaskular dan ovarium, yang bisa berakibat pada waktu menopause yang lebih cepat. Wanita yang menopause lebih lama dan memiliki rentang reproduksi yang lebih lama memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskular yang lebih rendah,” kata Shadyab.

Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat dengan Metode Alami

Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat
Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat

Jika sahabat sehat mengalami gangguan terlambat haid, ada beberapa cara yang bisa sahabat sehat lakukan supaya siklus haid sahabat sehat kembali seperti semula. Siklus haid setiap wanita pastinya bervariasi. Jadi setelah mengetahui berbagai penyebab terlambat datang bulan, seharusnya sahabat sehat tidak perlu merasa khawatir lagi.

Jangan panik, karena yang paling penting adalah sahabat sehat tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Daun Iler

Mengatasi telat datang bulan dengan daun iler. Sebelum sahabat sehat membuat ramuannya persiapkan terlebih dahul 2 gelas air dan enam lebar daun iler. Dau iler tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga airnya mendidih selam 15 menit. dinginkan air yang telah direbus tadi lalu saring air tersebut untuk diminum.

2. Daun Alpukat

Cara kedua yaitu dengan menggunakan daun alpukat. Daun alpukat berkhasiat untuk mengatasi telat datang bulan. cara pemakainya pun sama dengan dau iler diatas yaitu direbus dan hasilnya diminum.

3. Buah Pepaya

Cara ketiga yatu menggunakan buah pepaya. Dengan mengkonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang banyak di pagi hari dan sebelum akan Membantu sahabat sehat mengobati telat datang bulan.

4. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Cara mengatasi terlambat datang bulan yang paling mudah adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Seperti yang mungkin sudah sahabat sehat ketahui sebelumnya, daun nipis ini menyimpan sangat banyak manfaat. Di dalam jeruk nipis diketahui memiliki kandungan asam askrobat, kalsium, kalori, mineral, dan fosfor.

Nah, untuk membuat obat terlambat datang bulan dari jeruk nipis, cukup seduh perasan jeruk nipis dan madu murni dengan secangkir air hangat. Minum setiap hari dan rasakan perubahannya.

5. Daun Pepaya

Selain itu sahabat sehat juga bisa menggunakan daun pepaya. Meskipun rasanya pahit dan tidak lebih nikmat dari jeruk nipis, namun daun pepaya cukup manjur untuk mengatasi terlambat datang bulan.

Cara mengatasi terlambat datang bulan dengan daun pepaya ini cukup mudah, yakni dengan merebus daun pepaya yang masih muda dengan 2 gelas air bersih. Campurkan juga asam, garam dan sedikit gula. Aduk sampai merata dan tunggu rebusannya sampai mendidih.

Setelah itu diamkan beberapa saat sampai hangat, dan minum ramuan tradisional tersebut dua kali sehari sampai siklus haid sahabat sehat kembali normal.

6. Ramuan Kunyit Asam

Ramuan Kunyit Asam
Ramuan Kunyit Asam

Kunyit asam merupakan ramuan khas jawa yang telah terbukti membantu menjaga menstruasi terjadi secara baik. Selain dapat mengatasi telat menstruasi, ramuan kunyit asam juga bermanfaat untuk meringankan nyeri yang timbul ketika datang bulan. Cara mengkonsumsinya pun sangatlah mudah.

Sahabat sehat hanya perlu mencampurkan parutan kunyit yang sudah disaring, dengan asam, dan juga gula kedalam air hangat. Setelah itu teguklah.

7. Olahraga dan Cukup Istirahat

Jika sahabat sehat tidak mau meminum ramuan-ramuan tradisional untuk mengatasi penyebab terlambat datang bulan tersebut, ada satu cara yang lebih praktis, yakni dengan berolahraga. Lakukan olahraga secara teratur setiap minggunya supaya hormon dan siklus menstruasi lebih stabil.

Tak perlu melakukan olahraga yang berat untuk mendapatkan siklus menstruasi yang normal, cukup stretching secara rutin ataupun jogging saja.

Jangan lupa juga untuk selalu mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap harinya. Setiap manusia memerlukan waktu istirahat yang cukup, tidak terkecuali para wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi tidak lancar. Paling tidak istirahatkan tubuh selama 8 jam dalam sehari untuk dipakai tidur.

Jangan biasakan tidur malam atau begadang karena selain siklus haid, kesehatan sahabat sehat pun akan ikut terganggu.

8. Kurangi Aktivitas Berat

Janganlah terlalu sering untuk memforsir diri dengan melakoni berbagai aktivitas yang sangat berat. Kelelahan adalah salah satu faktor yang dapat menimbulkan stress, dimana stress bisa menjadikan menstruasi terjadi tidak lancar.

Jadi untuk sahabat sehat yang merasa bulan ini sudah telat datang bulan 10 hari, cobalah untuk menambah waktu istirahat sahabat sehat dan jangan melakukan beberapa kegiatan yang memicu stress.

Baca Juga : Apakah Anda Perokok Berat? Inilah 23 Cara Mudah untuk Membersihkan Paru – Paru dengan Cepat Agar Terhindar dari Kanker

Yang Harus Diwaspadai Saat Menstruasi Terlambat

Yang Harus Diwaspadai
Yang Harus Diwaspadai

Jika seorang wanita dalam masa subur tidak haid, maka tidak akan ada endometrium yang lepas dan berarti tidak ada darah yang keluar. Tapi masalahnya akan berbeda jika sahabat sehat sedang tidak dalam keadaan hamil tetapi mengalami keterlambatan haid sampai jangka waktu 4 s.d 6 bulan.

Jika hal ini terjadi sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis.

Kasus lain yang perlu diwaspadai adalah ketika seorang gadis remaja belum mengalami haid, padahal usianya sudah mencapai 17 tahun. Ini bisa jadi disebabkan oleh selaput darah yang tertutup rapat. Selaput darah yang normal memiliki lubang-lubang yang salah satu fungsinya adalah tempat keluarnya haid.

Tapi jika rapat sama sekali, gadis tersebut bisa saja mengalami haid tapi tidak keluar dan tertahan di dalam. Jika hal tersebut dibiarkan maka akan berbahaya, karenanya disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter

Menstruasi Terlambat
Menstruasi Terlambat

Sekian penjelasan tentang berbagai penyebab menstruasi terlambat dan bagaimana cara mengatasi terlambat datang bulan. Dengan begitu, sekarang sahabat sehat tidak perlu merasa khawatir ketika mengalami telat datang bulan.

Jika sahabat sehat memperhatikan secara maksimal maka salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan tidak memicu penyebab menstruasi terlambat sehingga sahabat sehat dengan mudah dapat mengontrol diri agar tidak mengalami hal ini.

Setelah melakukan rangkaian proses di atas namun sahabat sehat tetep mengalami hal demikian berarti ada kesalahan yang sahabat sehat lakukan. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, maka kami sangat berterima kasih jika sahabat sehat mau membagikan artikel ini ke teman sahabat sehat melalui social media di bawah ini.

Salam sehat

<

Iklan

Laman: 1 2 3