Meskipun bisa memberikan rasa nyeri yang hebat atau mengubah mood menjadi lebih buruk, nyatanya wanita selalu mengharapkan siklus menstruasi datang tepat pada waktunya. Hampir tidak ada wanita yang ingin mengalami menstruasi terlambat. Karena dengan siklus menstruasi yang lancar, maka tubuh pun menandakan kondisi kesehatan yang baik.

Sayangnya, bagi beberapa wanita, siklus menstruasi bisa datang dengan sangat terlambat sehingga memicu berbagai macam kekhawatiran.

Secara umum penyebab terlambat datang bulan pada wanita satu dan wanita yang lain tidak selalu sama. Artinya ada beberapa kemungkinan mengapa seorang wanita terlambat haid atau menstruasi.

Namun demikian biasanya wanita mengambil kesimpulan terlalu dini terhadap hal ini dengan menganggapnya sebagai tanda kehamilan, pasalnya menstruasi terlambat ini sangat identik dengan gejala wanita yang sedang hamil.

Memang telat haid adalah salah satu tanda kehamilan, namun biasanya tanda-tanda kehamilan akan muncul dengan gejala-gejala lainnya, seperti mual dan muntah, kepala pusing, badan cepat lelah, dan lain sebagainya.

Jadi jika hanya terlambat datang bulan saja tanpa ada gejala lainnya, maka itu bukan suatu tanda hamil dan bisa dikarenakan hal lainnya.

Nah, artikel ini membahas persoalan yang perlu sahabat sehat ketahui mengenai pubertas normal, siklus menstruasi, dan penyebab menstruasi terlambat. Artikel ini juga dilengkapi dengan cara mengatasi gangguan siklus haid atau menstruasi.

Untuk itu, mari kita simak kiat – kiatnya di bawah ini.

Apa Sih Menstruasi Itu???

menstruasi
menstruasi

Menstruasi sendiri adalah sebuah siklus bulanan dimana lapisan pada dinding rahim yang berisi banyak darah dan cairan meluruh lalu keluar dari vagina karena pembuahan tidak terjadi. Proses haid dimulai saat rahim mengeluarkan endometrium (selaput lendir rahim).

Endometrium akan menebal karena dipicu oleh hormon estrogen. Pada puncak pertengahan siklus haid, maka sel telur yang sudah matang akan keluar dari indung telur dan turun ke tuba fallopi.

Pada saat ini, jika ada sperma yang membuahi sel telur, maka sperma dan sel telur akan membentuk zygot yang nantinya akan menjadi janin, jika tidak maka sel telur tersebut akan turun dan meluruhkan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah.

Namun, jika pembuahan berhasil dalam periode tersebut, maka menstruasi berhenti sampai persalinan terjadi. Itulah sebabnya banyak orang yang menghubungkan telat datang bulan dengan kehamilan.

Lalu Kapan Menstruasi Mulai Terjadi???

masa pubertas
masa pubertas

Menstruasi mulai terjadi saat perempuan mulai memasuki masa pubertas. Secara normal, anak perempuan mengalami pubertas pada usia 8-12 tahun.

Banyak perempuan mengira tanda pertama pubertas adalah terjadinya menstruasi. Hal itu sebenarnya tidak benar, karena tanda pertama dari pubertas pada anak perempuan adalah tumbuhnya payudara, kemudian diikuti dengan tumbuhnya rambut pada kemaluan dan ketiak, dan terakhir terjadinya menstruasi.

Kapan pubertas dikatakan terlambat? Pubertas dikatakan terlambat pada anak perempuan jika tanda-tanda seks sekunder tidak timbul pada usia 13 tahun. Seperti saat payudara belum tumbuh pada usia 13 tahun, atau rambut kemaluan belum tumbuh pada usia 14 tahun, atau belum mengalami menstruasi pada usia 16 tahun.

Bagaimana Siklus Menstruasi yang Normal???

Siklus Menstruasi
Siklus Menstruasi

Wanita memiliki periode yang berbeda dalam menjalani siklusnya, ada yang lama, ada yang pendek, dan ada yang memiliki siklus menstruasi teratur.

Lamanya masa menstruasi normal biasanya berkisar antara 4 s.d 7 hari. Tapi bahkan ada juga yang sampai 10 hari. Sedangkan siklus haid akan berbeda-beda pada setiap wanita. Normalnya siklus akan berulang setiap 28 hari, tetapi ada juga yang memiliki siklus sampai 42 hari.

Selain siklus haid yang rutin, banyak juga wanita yang mengalami siklus yang tidak teratur atau terlambat haid. Masalah inilah yang sering dikhawatirkan oleh para wanita.

Ada ketakutan-ketakutan yang tidak berdasar, seperti jika terlambat haid akan membuat darah mengumpul dan mengenang di dalam tubuh dan membahayakan tubuh dan lain sebagainya. Pikiran seperti ini tidak tepat.

Siklus Menstruasi
Siklus Menstruasi

Selain itu, ada beberapa hal penting yang perlu sahabat sehat perhatikan pada siklus haid sahabat sehat :

-Tanggal

Tanggal Siklus Menstruasi
Tanggal Siklus Menstruasi

Catatlah tanggal mulai dan berhentinya menstruasi sahabat sehat. Apakah lebih lama atau lebih pendek dari biasanya.

-Banyaknya Menstruasi

Perhatikan berapa kali dalam sehari sahabat sehat harus mengganti pembalut, apakah lebih sering atau lebih jarang dari biasanya.

-Perdarahan Yang Abnormal

Apakah sahabat sehat sering mengalami flek-flek kecoklatan diantara periode menstruasi.

-Nyeri

Nyeri Menstruasi
Nyeri Menstruasi

Apakah nyeri menstruasi yang sahabat sehat rasakan lebih berat dari biasanya.

Baca Juga : Perempuan!!! Lakukan 20 Cara Mudah Ini Untuk Menghilangkan Gatal Akibat Infeksi Jamur di Vagina

Apa Penyebab Siklus Menstruasi Terlambat???

Penyebab Menstruasi Terlambat
Penyebab Menstruasi Terlambat

Ada banyak penyebab yang membuat wanita tak lagi mengalami menstruasi teratur. Berikut beberapa hal yang menyebabkan menstruasi terlambat datang :

1. Kehamilan

Kehamilan
Kehamilan

Ini adalah hal pertama yang kita curigai ketika wanita telat haid, cara mengetahui apakah ada kemungkinan hamil atau tidak sangatlah mudah, sahabat sehat dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan tes kehamilan berupa tes pack yang banyak tersedia di pasaran.

Jika tes kehamilan yang dilakukan setelah telat haid 2 minggu menunjukkan hasil yang negatif, maka dapat dijamin hampir 80% bahwa bukan kehamilan penyebabnya. Hal ini dapat dijelaskan bahwa implantasi sel telur yang dibuahi akan menyebabkan produksi hormon HCG.

Hormon ini biasanya ada dalam aliran darah dan dapat dideteksi dalam waktu enam sampai dua belas hari setelah pembuahan.

Klik Untuk Membaca Halaman Berkutnya >>

Iklan

Laman: 1 2 3