10. Mengelap Vagina dengan Benar

760px-get-rid-of-a-yeast-infection-at-home-step-15

Setiap wanita pasti punya kebiasaan mengelap vagina sehabis dari toilet untuk membuatnya kering. Namun, tahukah sahabat sehat cara mengelap yang benar? Saat mengelap vagina, sahabat sehat sebaiknya menyeka dari bagian depan ke belakang.

Hal ini bertujuan untuk membuang mikroorganisme yang bisa menyebabkan infeksi jauh-jauh ke belakang. Sementara, jika menyeka dari belakang ke depan, bakteri dari bagian belakang malah masuk ke dalam vagina.

Mencegah infeksi vagina memang diperlukan konsistensi. Membiasakan kebiasaan baik diatas akan membuat area vagina tetap bersih dan menjauhkan sahabat sehat dari aneka infeksi yang lebih berbahaya.

Pengobatan Alami Untuk Infeksi Jamur

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Namun, jika sahabat sehat sudah terlanjur mengalami keputihan atau gatal pada vagina akibat infeksi jamur, sebaiknya gunakan cara alami ini sebagai alternatif pengobatannya, sahabat sehat bisa memanfaatkan:

11. Asam Borat Supositoria

Asam borat telah beberapa lama digunakan sebagai pengobatan untuk infeksi jamur. Sebuah penelitian di Hungaria menemukan ada sedikit hubungan antara asam borat dan masalah selama kehamilan karena asam borat dapat diserap tubuh meski jumlahnya kecil.

Dosis umum asam borat adalah 600 mg dimasukkan ke dalam vagina selama 14 hari berturut-turut. Konsultasikan dulu dengan dokter untuk pemakaiannya.

Baca juga : Hati-Hati!!! CTS (Carpal Tunnel Syndrome), Penyakit yang Mengintai Pengguna Komputer, Pebasket, dan Gitaris – 6 Exercises ini Untuk Membantu Penyembuhannya

12. Probiotik 

760px-get-rid-of-a-yeast-infection-at-home-step-11

Penggunaan probiotik dalam mengobati infeksi jamur pada wanita hamil menunjukkan tidak ada efek yang merugikan pada ibu atau bayi. Probiotik dapat digunakan dari trimester satu sampai kelahiran.

13. Bawang Putih

Bawang putih dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan jamur, karena mengandung senyawa alami yang disebut allicin.

Kupas dan belah bawang putih lalu masukkan ke bagian kewanitaan, tapi tidak masuk ke dalam liang vagina. Biarkan sepanjang malam.

Di pagi hari, keluarkan dan bersihkan area kewanitaan. Lakukan ini selama dua atau tiga malam, sampai gatal-gatal hilang.

Pertimbangkan untuk mengonsumsi satu siung bawang putih mentah atau menambahkan 2-3 bawang putih halus ke dalam makanan sahabat sehat.

Sebagai suplemen, minumlah tablet yang memiliki kandungan setara dengan satu siung bawang putih atau 4.000 hingga 5.000 mcg allicin setiap hari.

14. Minumlah Ekstrak Echinacea

760px-get-rid-of-a-yeast-infection-at-home-step-13

Echinacea adalah tanaman herbal yang berkhasiat sebagai antiviral dan antioksidan, serta mampu meningkatkan fungsi sistem imun, mengurangi peradangan, dan mengembalikan keseimbangan hormon.

Echinacea juga bermanfaat digunakan bersama ekonazol, suatu obat antijamur yang digunakan untuk mengatasi kandidiasis, untuk mengurangi tingkat kekambuhannya.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 2 hingga 9 ml sari echinacea atau 1 cangkir seduhan teh echinacea dapat membantu mengendalikan infeksi akibat jamur Candida.

  • Untuk membuat teh echinacea, sahabat sehat hanya perlu menyeduh 1-2 gr akar echinacea kering dengan air hangat selama 5 menit, kemudian saring dan minumlah.
  • Echinacea dapat berinteraksi dengan sejumlah obat-obatan, jadi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.
  • Sebagian orang mungkin akan mengalami efek samping ringan seperti sakit perut, mual, pusing, dan mata kering. Jangan minum echinacea sebelum makan.
  • Jangan minum echinacea jika sahabat sehat menderita multiple sclerosis, tuberkulosis, kelainan jaringan ikat, leukimia, diabetes, HIV atau AIDS, gangguan autoimun, atau penyakit lever.

15. Coba Mandi Berendam Minyak Tea Tree

760px-get-rid-of-a-yeast-infection-at-home-step-14

Minyak tea tree dikenal berkhasiat sebagai antiviral dan antijamur. Penelitian menunjukkan bahwa minyak tea tree mungkin efektif untuk mengatasi infeksi jamur pada vagina, namun mengoleskan tea tree secara langsung ke vagina tidak dianjurkan. Sebaiknya, gunakan minyak tea tree dalam air rendaman mandi.

  • Tuangkan 10–15 tetes minyak tea tree ke dalam air hangat dan berendamlah selama 15 menit. Ulangi cara yang mungkin dapat mengendalikan infeksi jamur vagina dan mencegahnya timbul kembali ini 2-3 kali seminggu.

16. Menggunakan Cuka Sari Apel

Obat sari apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri candida dan membantu menyeimbangkan pH tubuh sahabat sehat. Untuk obat dalam, cukup dengan menambahkan 2-3 sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air. Minum 2-3 kali per hari.

Sedangkan untuk obat luar, sahabat sehat bisa menambahkan setengah cangkir cuka sari apel ke dalam bak mandi yang berisi air hangat. Lakukan selama 20-30 menit sambil memijat lembut bagian yang sakit.

Pengobatan Medis Infeksi Jamur

Selain menggunakan bahan alami, sahabat sehat juga bisa menggunakan obat – obatan untuk mengobati keputihan atau gatal pada vagina akibat infeksi jamur. Seperti dengan :

Klik Untuk Membaca Halaman Berkutnya>>

<

Iklan

Laman: 1 2 3 4