1. Jaga Area Selangkangan Agar Tetap Kering

019852300_1450355003-alternatif_image_adv_kondom_sutera__1_

Infeksi jamur paling mudah dicegah dengan cara menjaga kebersihan. Seperti saat selesai berenang, segera basuh dan menggantinya dengan pakaian kering.

Karena lingkungan yang hangat dan lembap merupakan kondisi yang sangat “ideal” bagi jamur untuk tumbuh.

Keseimbangan kelembaban di area vagina juga penting mengingat vagina perlu bakteri baik untuk menjaga kesehatannya. Hindari penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat karena dapat membuat area selangkangan menjadi lebih lembap.

Hindari pula membersihkan vagina menggunakan sabun dan cairan pembersih tertentu (douch). Cukup bersihkan dengan air hangat saja. Jangan juga semprotkan spray.

Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun dan segera ganti pembalut maupun pantyliner secara berkala, yakni tiga sampai empat jam sekali jika sudah terasa berkeringat dan lembap.

2. Memilih Pakaian Dalam Dengan Bahan Katun

Celana dalam dengan bahan katun akan membuat area vagina tetap memiliki sirkulasi udara. Hal ini akan sangat baik dalam hal mengindari infeksi jamur.

Sedangkan celana dalam dengan bahan nilon perlu dihindari sebab bahan ini cenderung ketat dan tidak memiliki ruang untuk ada udara masuk dan keluar.

Sehingga dapat meningkatkan keringat di vagina dan menyebabkan iritasi.

3. Hindari Sembarangan Mengonsumsi Antibiotik

Antibiotik bertujuan untuk membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh dan terkadang bakteri atau flora normal yang ada di dalam tubuh pun juga ikut mati.

Sebaiknya gunakan antibiotik seperlunya, atas anjuran dokter dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

4. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kekebalan tubuh yang rendah dapat membuat sahabat sehat lebih rentan terkena infeksi. Jadi pastikan sahabat sehat menjalani gaya hidup sehat seperti menjaga pola makan sehat dan berolahraga teratur.

5. Batasi Konsumsi Gula

760px-get-rid-of-a-yeast-infection-at-home-step-7-version-3

Untuk penderita diabetes melitus, sebaiknya batasi konsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan kadar gula melonjak.

Orang yang menderita diabetes lebih rentan terkena infeksi jamur di vagina. Sebagai alternatif, ganti camilan manis sahabat sehat dengan sayur dan buah yang lebih sehat.

6. Konsumsi Probiotik

Jika sahabat sehat mengalami infeksi jamur di vagina lebih dari 3 kali per tahun, sebaiknya pertimbangkan untuk mengonsumsi probiotik yang mengandung bakteri Lactobacillus.

Yogurt merupakan makanan yang paling banyak mengandung probiotik dan mudah untuk didapatkan di mana saja.

Selain yogurt, sahabat sehat juga bisa menggunakan suplemen probiotik dengan kadar 1 hingga 10 miliar bifidobacterium. Studi menunjukkan bahwa bakteri ini dapat merangsang produksi asam laktat dan zat lainnya untuk menjaga pH normal vagina sehingga terhindar dari infeksi jamur.

Tidak hanya itu, probiotik juga dapat memberikan pertahanan tubuh yang lebih untuk sahabat sehat agar tidak mudah sakit.

7. Minum Suplemen Vitamin C

760px-get-rid-of-a-yeast-infection-at-home-step-8-version-3

Baca juga : 22 Treatment Alami yang Mudah dan Ampuh untuk Menghilangkan Komedo Membandel Selama – Lamanya

Vitamin C yang juga dikenal sebagai asam askorbat merupakan antioksidan alami penting yang dapat membantu meningkatkan fungsi sistem imun.

Vitamin C dapat dikonsumsi sebagai suplemen makanan dengan dosis anjuran 500 hingga 1.000 mg terbagi menjadi dua atau tiga kali sehari.

Sahabat sehat juga dapat memasukkan makanan kaya vitamin C ke dalam diet sehari-hari. Jika sahabat sehat menggunakan obat imunosupresan atau sistem imun sahabat sehat lemah, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum sahabat sehat menggunakan suplemen vitamin C.

Walaupun begitu, vitamin C dari sumber alami tidak mempunyai efek samping. Sumber vitamin C antara lain:

  • Paprika merah atau hijau.
  • Buah jeruk seperti pomelo, grapefruit, jeruk nipis, atau sari jeruk segar.
  • Bayam, brokoli, dan kubis brussel.
  • Stroberi dan rasberi.
  • Tomat.
  • Mangga, pepaya, dan melon jingga.

8. Sertakan Suplemen Vitamin E

760px-get-rid-of-a-yeast-infection-at-home-step-9-version-3

Vitamin E adalah suatu antioksidan yang meningkatkan sistem imun, dan mungkin efektif jika infeksi jamur yang sahabat sehat alami dipicu oleh sistem imun yang lemah.

Dosis yang dianjurkan bagi orang dewasa adalah 15 mg setiap hari. Vitamin E terdapat dalam bahan makanan seperti:

  • Minyak sayur.
  • Kacang almon.
  • Kacang tanah.
  • Kacang hazel.
  • Biji bunga matahari.
  • Bayam.
  • Brokoli.

9. Makanlah Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-3

760px-get-rid-of-a-yeast-infection-at-home-step-10

Asam lemak esensial dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa terbakar yang sering dialami penderita infeksi jamur.

Salah satu yang dianjurkan penggunaannya adalah asam lemak omega-6 terdapat dalam ekstrak evening primrose, dan omega-3 terdapat yang dalam minyak ikan atau minyak flaxseed.

Minumlah 2 sendok makan minyak setiap hari atau 1.000 hingga 1.500 mg dalam dosis terpisah, dua kali sehari. Bahan makanan yang kaya akan kandungan omega-3 adalah:

  • Telur.
  • Kacang pinto, kacang kedelai, dan kacang tunggak.
  • Tofu.
  • Ikan salmon dan sarden liar.
  • Kacang walnut, almon, chia seed dan flaxseed.
  • Minyak canola, minyak ikan, dan minyak flaxseed.

Klik Untuk Membaca Halaman Berkutnya>>

<

Iklan

Laman: 1 2 3 4