Paru-paru merupakan salah satu organ penting pada tubuh yang terletak di bawah tulang rusuk yang berfungsi sebagai alat pernafasan, apabila paru – paru menghirup udara kotor yang mengandung polutan maka paru-paru akan menjadi kotor.

Paru-paru kotor merupakan salah satu penyebab dari timbulnya berbagai macam penyakit, yang paling umum seperti kanker, asma, bronkitis serta beragam jenis batuk. Saat ini, penyebab terbesar berbagai penyakit tersebut adalah rokok.

Sebatang rokok diketahui mengandung ratusan zat kimia berbahaya seperti amonia, karbon monoksida, nikotin, kromium, kadmium, timbal, dan lain – lain. Memasukkan  bahan – bahan kimia ini ke dalam tubuh sama dengan meracuni tubuh sendiri.

paru-paru_20160118_092029

Selain rokok, tentu masih banyak penyebab lain yang bisa menjadikan paru-paru sahabat sehat menjadi kotor termasuk diantaranya polusi udara yang dihasilkan dari mesin kendaraan.

Lalu bagaimana cara agar paru – paru sahabat sehat bisa bersih dari semua zat berbahaya terebut. Jangan khawatir, karena disini sahabat sehat akan diberikan sebuah cara yang tepat dan mudah untuk mengatasinya. Tapi sebelum itu ada yang harus sahabat sehat ingat.

INGAT !!! ‘Membersihkan’ Bercak Paru-Paru dengan Soda

es_soda_gembira_fanta_air_soda1

Karena ada begitu banyak informasi yang beredar di kalangan kesehatan perokok. Salah satunya adalah informasi bahwa konsumsi soda susu baik karena dapat ‘membersihkan’ paru-paru perokok. Bagaimana faktanya?

Hal ini hanyalah mitos belaka. Informasi ini salah dan sebaiknya justru perokok tidak terlalu memercayai informasi semacam ini.

Tentunya soda itu kalau ditelan tidak serta-merta akan sampai ke paru. Soda itu bukan deterjen. Minuman soda susu jelas tidak bisa ‘mencuci’ paru-paru, termasuk paru-paru perokok.

Jika soda disebut-sebut tak bisa memberikan fungsi ini, maka konsumsi susu dijelaskan bisa SEDIKIT MEMBANTU.

Dari konsumsi susu, akan terbentuk lendir lebih banyak. Dengan mekanisme batuk, ini bisa membersihkan paru.

Namun karena efek dari mengkonsumsi susu ini hanya sedikit dan bisa menumpuk lendir lebih banyak bila mekanisme batuknya tidak bagus. Maka sebaiknya jauhi saja semua produk makanan yang mengandung susu dari menu harian sahabat sehat.

Hal ini diperlukan untuk memperlancar proses pembersihan toxin dari dalam tubuh.

makanan-untuk-membersihkan-paru-paru

Sementara di balik itu semua, ternyata ada beberapa cara yang cukup ampuh untuk membersihkan sistem pernapasan ini. Dan inilah beberapa langkah yang efektif untuk membersihkan paru – paru sahabat sehat.

1.Jahe

jahe-dan-asam-jawa

Jahe memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang membantu saluran bronkial untuk menghilangkan zat – zat berbahaya dari paru – paru. Manfaat yang umumnya langsung terasa oleh perokok setelah mengonsumsi jahe adalah pernafasan jadi lega dan plong.

Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan mengunyah sepotong jahe segar untuk membuka saluran pernafasan yang tersumbat.

2.Air

Merokok menyebabkan dehidrasi. Menurut para ahli, sahabat sehat dapat berhenti merokok dan mengurangi nikotin dengan memperbanyak konsumsi air.

3.Bawang Putih

bwg-pth

Sebuah penelitian pernah dilakukan di Jiangsu Provincial Centre for Disease Control and Prevention di China. Hasil riset menyebutkan rajin mengonsumsi bawang putih minimal dua kali seminggu dapat menurunkan resiko kanker paru sampai 44%.

Bawang putih diketahui mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan mengandung senyawa allicin yang berfungsi untuk menghilangkan inflamasi dalam tubuh.

Resep Membersihkan Paru – Paru

630x363-walau-anda-merokok-lebih-dari-5-tahun-resep-ini-dengan-mudah-membersihkan-paru-paru-anda

Untuk mempermudah sahabat sehat mengolah 3 bahan diatas. Segerwaras memberikan sebuah resep untuk membersihkan paru-paru. Beberapa ilmuwan menyampaikan bahwa ketiga bahan di atas ini bahkan bisa mencegah kanker.

Bahan:

1 potong kecil jahe
2 sdt kunyit bubuk
1 liter air
400 gram bawang putih (dikupas serta dipotong jadi empat)
400 gram gula

Cara pembuatan:

Tuangkan air ke wadah yang pas, panaskan di atas api serta tambahkan gula. Sesudah mulai mendidih, tambahkan bawang putih, jahe parut serta kunyit. Tunggulah hingga ramuan tersebut mendidih dan tinggal setengah bagian.

Lantas angkat serta dinginkan hingga suhu kamar (diangin-anginkan). Jangan langsung didinginkan di lemari es. Boleh disimpan di kulkas setelah benar-benar dingin.

Cara pemakaian:

Minumlah 2 sendok makan kombinasi ini pada pagi hari pada saat perut kosong serta pada malam hari 2 sendok makan sesudah makan.

Makanan untuk Membersihkan Paru – Paru

makanan-untuk-paru-paru

Sembari mengkonsumsi resep diatas, sahabat sehat juga bisa mengimbanginya dengan makanan yang bisa membersihkan paru – paru seperti :

4.Brokoli

194010-fakta-brokoli

Sayuran berwarna hijau ini merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C dan B5. Kebiasaan merokok mengurangi kandungan vitamin C dalam tubuh. Dengan makan brokoli, dapat mengikis kadar nikotin dalam tubuh.

5.Jeruk

makanan-sehat-untuk-membersihkan-paru-paru

Jeruk merupakan sumber makanan yang kaya antioksidan dan vitamin C, sehingga buah ini memiliki kemampuan menghambat kerja enzim yang dapat mengaktifkan sel kanker paru – paru.

Sahabat sehat juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi kadar nikotin dengan memakan jeruk secara teratur.

6.Wortel

paket-kecantikan-alami-dengan-wortel

Nikotin “bersembunyi” di tubuh selama 3 hari, ketika sahabat sehat merokok sekali. Kebiasaan buruk ini lambat laun akan merusak kesehatan kulit sahabat sehat. Konsumsi wortel yang kaya akan vitamin A, C, K, dan B, membantu menghilangkan nikotin dari sistem tubuh.

Selain itu wortel juga membantu meningkatkan pH darah selama 72 jam pembersihan. Dan juga Kandungan alkali dalam jus wortel akan memperlancar peredaran darah dan membantu membersihkan paru-paru mantan perokok.

7.Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang kaya akan asam folat. Jumlah nikotin dalam tubuh bisa mempengaruhi kesehatan sahabat sehat. Setelah berhenti merokok, segera konsumsi bayam untuk menghilangkan nikotin dari tubuh.

8.Kiwi

Kiwi dapat membantu menghilangkan nikotin dari tubuh. Buah ini merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C, A, E.

9.Berries

juscranberry

Semua jenis berries sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak antioksidan. Berries juga membantu menghilangkan jumlah nikotin dari tubuh.

Selain itu berries juga akan membantu sahabat sehat dalam memerangi bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di paru-paru

10.Kedelai

kedelai

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kedelai dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi serangan penyakit sesak nafas kronis. Tim studi yang dipimpin Fumi Hirayama asal Jepang meneliti 300 pasien sesak nafas dan 340 orang sehat mengenai konsumsi kedelai.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi produk-produk yang mengandung kedelai ada hubungannya dengan membaiknya fungsi paru-paru dan turunnya risiko terkena sesak nafas.

“Setelah diteliti, flavonoid yang terdapat dalam makanan kedelai bertindak sebagai anti-peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker bagi para perokok,” jelas Hirayama.

Menurut Hirayama, selain baik bagi paru-paru, kedelai juga bisa menurunkan kolesterol serta mengatasi gejala menopause.

11.Omega 3

omega3

Pemberian makanan yang kaya akan omega-3 pada penderita penyakit gangguan paru-paru kronik (Chronic obstructive Pulmonary Diseases/COPD) dapat memperbaiki fungsi paru-paru penderita penyakit tersebut.

Hal ini ditunjukkan dengan adanya penurunan serum, tingkat produksi lendir serta perbaikan gejala pada penderita COPD.

12.Selenium

Selenium adalah mineral yang merangsang enzim dan bersama – sama dengan vitamin E membantu dalam memperkuat membran paru – paru. Hasil penelitian menyebutkan kadar selenium dalam tubuh terkadang terbalik dengan jumlah sel kanker.

Artinya jika selenium banyak maka sel kanker akan menurun atau bahkan hilang, begitu pula sebaliknya.

Mineral Selenium banyak ditemukan dalam semangka, jamur tiram, bayam dan ubi jalar. Jika sahabat sehat seorang perokok, sahabat sehat wajib mengonsumsi makanan – makanan tersebut untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membersihkan paru – paru sahabat sehat dari racun.

13.Pisang

Perlu sahabat sehat tahu, bahwa kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang akan membantu anda untuk segera mempercepat proses pembersihan paru – paru dalam tubuh.

Dengan begitu, mengkonsumsi pisang pada saat makan siang memang perlu sahabat sehat terapkan.

Minuman untuk Membuang Racun di Paru – Paru

juice-recipes1

Selain makanan, ada juga minuman yang bisa membuang racun di dalam paru – paru sahabat sehat.

14.Teh Herbal atau Teh Hijau

Minum secangkir teh herbal atau teh hijau sebelum tidur. Ini akan melepaskan semua racun yang terkandung di usus.

15.Lemon

Pagi hari sebelum sarapan, minumlah 300 ml air perasan lemon yang dicampur dengan sedikit air.

16.Nanas

jusnanas

Jika sahabat sehat tidak menyukai rasa lemon, sahabat sehat bisa menggantinya dengan jus nanas. Kedua buah ini mengandung antioksidan alami yang meningkatkan sistem pernapasan.

17.Kurma, Alpukat, Pepaya, Pisang, dan Apricot.

Setelah makan siang minum 400 ml jus buah yang mengandung banyak kalium. Buah yang kaya akan kalium diantaranya: kurma, alpukat, pepaya, pisang, dan apricot. Kalium bertindak sebagai tonik pembersih yang besar pengaruhnya.

Cara Aman yang Lain untuk Membersihkan Paru – Paru

18.Latihan Pernapasan

Angka harapan hidup kita secara langsung bergantung pada kapasitas paru-paru. Jika paru-paru tidak bekerja maksimal untuk mensuplai oksigen ke seluruh tubuh, maka semua proses metabolisme akan rusak. Satu cara efektif meningkatkan kapasitas paru-paru adalah dengan latihan pernapasan secara rutin.

Mulailah dengan berbaring terlentang dan tangan diletakkan di atas perut dengan telapak di bagian bawah tulang rusuk. Ambilah napas secara perlahan dan dalam melalui hidung sehingga memungkinkan memperluas diafragma.

Lalu setelah menahan napas sejenak, buanglah napas secara perlahan melalui mulut. Lakukan latihan ini selama 5 menit sambil berbaring santai dan mata tertutup. Hal ini dilakukan untuk menarik oksigen ke bagian bawah paru-paru.

19.Transplantasi

transplantasi

Untuk pertama kalinya, para peneliti dari McEwen Centre for regenerative Medicine, University Health Network berhasil menggunakan terapi gen untuk memperbaiki paru-paru yang “rusak” sehingga digunakan untuk transplantasi kepada pasien yang membutuhkan.

Teknik ini bakal secara signifikan memacu pertumbuhan jumlah donor paru-paru dengan cara memperbaiki organ yang sebelumnya dinilai “cacat”, selain juga meningkatkan hasil transplantasi yang lebih baik.

Lewat suatu proyek Dr Shaf Keshavjee, pakar dari McEwen Centre for Regenerative Medicine, University Health Network menerapkan teknik gen ex vivo pada organ paru-paru donor sebelum digunakan untuk transplantasi. Teknik tampak sederhana dan efektif untuk memperbaiki fungsi paru-paru.

Ingin tahu bagaimana cara kerja terapi gen ini? Paru-paru donor disimpan dalam kondisi suhu tubuh normal dengan menempatkannya di sebuah kubah untuk memproteksi. Lalu, sistem perfusi paru Toronto XVIVO secara terus-menerus memompa cairan oksigen tanpa darah, protein, dan nutrisi kepada paru-paru yang “cacat” tersebut.

Metode ini meniru kondisi paru pada umumnya sehingga sel-sel yang “cacat” bisa memperbaiki diri sendiri dan terciptalah sebuah paru-paru yang bagus dan bisa diaplikasikan sebagai donor.

Setelah itu, dimasukkan gen IL-10 yang bisa menghalangi respons imunitas tubuh terhadap infeksi sehingga organ yang baru ditransplantasi tidak rusak.

20.Berhenti Merokok 12 Jam Saja

Bagi pecandu rokok, menghentikan kebiasaan merokok merupakan hal yang sulit. Namun ternyata, tubuh akan memperbaiki sistemnya ketika seseorang mulai berhenti merokok selama 12 jam. Perasaan buruk akan terasa di awal, namun pada saat itulah proses penyembuhan kerusakaan akibat rokok dimulai.

Karbon monoksida dan kandungan nikotin dalam tubuh akan hilang secara perlahan. Kandungan berbahaya tersebut akan hilang sama sekali dalam waktu 2-3 hari setelah berhenti merokok.

Pada saat itu akan timbul perasaan tak tenang serta emosi yang tidak stabil. Rasa lapar , serta keletihan yang berlebihan bahkan kesulitan tidur pun terasa. Gejala tersebut menandakan bahwa tubuh sedang membersihkan sisa-sisa nikotin yang ada.

Dalam 2-3 minggu sejak berhenti merokok sirkulasi tubuh akan mulai memperbaiki kerusakan pada paru-paru. Dalam jangka waktu 1-9 bulan, batuk-batuk dan nafas pendek akan menghilang. Paru-paru mulai bersih dan fungsinya kembali normal.

Gejala-gejala seperti depresi, frustasi, dan sakit kepala juga akan dirasakan pada awal proses penyembuhan. Namun hasilnya, sahabat sehat akan terbebas dari risiko kanker, jantung, kemandulan, dan kerusakan paru-paru.

Dengan sedikit kesabaran dan niat yang keras. Sahabat sehat akan mendapatkan kualitas kesehatan yang luar biasa.

21.Berolahraga

Dengan cara berolahraga, maka sahabat sehat bisa membuat paru-paru bekerja lebih maksimal, sehingga bisa menormalkan pernapasan pada tubuh. Dengan begitu akan menyuplai jalannya proses pembersihan paru-paru dari zat berbahaya bagi tubuh.

22.Mandi Uap atau Sauna

Hal demikian karena dengan mandi uap ini, nantinya akan bisa membantu tubuh untuk menghilangkan racun yang keluar melalui keringat. Dengan begitu, secara bertahap kondisi paru-paru sahabat sehat bisa bersih dari racun berbahaya.

23.Menghirup Uap Air Hangat yang Diberi Minyak Kayu Putih

Dimana dari menghirup uap air hangat yang sudah terdapat tetesan minyak kayu putih di dalamnya, ini akan berguna untuk membantu tubuh dalam membersihkan sistem pernapasan.

paru-paru-kotor_20160402_130210

Demikian dua puluh tiga cara untuk membersihkan paru – paru dari racun akibat merokok. Dengan menerapkan dua puluh tiga cara di atas, maka sahabat sehat akan terbebas dari racun maupun zat berbahaya yang bisa mengganggu paru – paru.

Sehingga kondisi tubuh pun akan lebih sehat kembali dan terhindar dari beberapa penyakit yang ada. Semoga bermanfaat, jangan lupa klik like dan sebarkan artikel ini ke teman sahabat sehat yang perokok aktif.

Iklan