Tangan adalah salah satu bagian tubuh kita yang cukup penting keberadaannya. Meski ada orang – orang yang dikaruniai keajaiban mampu beraktivitas dengan baik meski tak memiliki tangan yang utuh tapi bagi kita yang hidup normal, kedua tangan kita adalah aset yang berharga bukan?

Sayangnya, banyaknya aktivitas yang dilakukan menggunakan tangan, membuat kita rentan mengalami cidera sahabat sehat. Salah satunya adalah CTS (Carpal Tunnel Syndrome).

Tapi jangan khawatir, ada solusinya.

Di dalam artikel ini akan dingajarkan latihan untuk meredakan bahkan menyembuhkan CTS (Carpal Tunnel Syndrome).

Mari kita mulai.

Pengertian CTS (carpal tunnel syndrome)

Carpal tunnel syndrome atau CTS (sindrom terowongan / lorong karpal) adalah kondisi yang memengaruhi tangan dan jari hingga mengalami sensasi rasa kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Gejala yang muncul ini biasanya berkembang secara perlahan-lahan dan pada malam hari akan bertambah parah. Bagian yang paling sering terpengaruh adalah jempol, jari tengah, dan telunjuk.

Carpal tunnel atau lorong karpal adalah jalur pada pergelangan tangan dimana terdapat saraf median dan sembilan tendon yang berguna dalam pergerakan jari-jari tangan.

Ketika terjadi pembengkakan pada bagian saraf, tendon, atau bahkan keduanya, saraf median akan tertekan dan mengakibatkan terjadi carpal tunnel syndrome. Saat saraf median ini terhimpit atau terjepit, maka akan menimbulkan mati rasa, sensasi kesemutan, dan terkadang muncul rasa sakit pada bagian-bagian yang terpengaruh oleh saraf ini.

Fungsi dari saraf median adalah memberikan sensasi perasa atau sentuhan pada telapak ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah dari jari manis. Selain itu, saraf median juga memberikan tenaga pada otot tangan untuk menjepit atau mencubit benda oleh ibu jari dan ujung jari-jari yang lain.

20161201160817

Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Selain sensasi rasa kesemutan, mati rasa atau kebas, dan rasa sakit pada beberapa bagian tangan, berikut ini adalah beberapa gejala lain yang mungkin terjadi.

  • Ibu jari melemah.
  • Muncul rasa sakit pada tangan atau lengan.

Gejala yang muncul bisa terjadi pada salah satu atau kedua tangan sekaligus, tapi pada kebanyakan kasus, CTS akhirnya memengaruhi kedua tangan.

20161201163740

Penyebab Carpal Tunnel Syndrome

CTS mulai diselidiki pada tahun 1950-an, namun gejalanya telah dikenal sejak lama. Pada 1854, Sir James Paget adalah orang pertama yang melaporkan saraf tertekan di pergelangan tangan karena retak tulang.

Carpal tunnel syndrome terjadi karena saraf median tertekan atau terhimpit. Pada kebanyakan kasus CTS, penyebab tertekannya saraf median ini masih belum diketahui. Tapi ada beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang menderita CTS. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena carpal tunnel syndrome.

  • Faktor keturunan keluarga yang menderita CTS.
  • Cedera pada pergelangan tangan.
  • Kehamilan (Hampir setengah dari wanita hamil mengalami CTS)
  • Pekerjaan berat dan berulang-ulang dengan memakai tangan, seperti mengetik tanpa henti.
  • Kondisi medis lain, misalnya rheumatoid arthritis dan diabetes.

Diagnosis Carpal Tunnel Syndrome

Diagnosis terhadap CTS bisa dilakukan oleh dokter secara langsung dengan pemeriksaan fisik pada tangandan pergelangan, serta beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan gejala yang Anda alami. Berikut ini beberapa tes yang bisa digunakan dalam mendiagnosis CTS.

  • Tes fisik ( Test Phalen dan Tinel )
  • Tes darah.
  • Elektromiografi.
  • Studi konduksi saraf.
  • Pencitraan X-ray.

20161201161132

Pengobatan Carpal Tunnel Syndrome

Terkadang, carpal tunnel syndrome tidak membutuhkan pengobatan khusus dan akan pulih dengan sendirinya. Khususnya pada wanita hamil, CTS akan membaik dalam waktu tiga bulan pasca melahirkan. Untuk gejala CTS yang ringan dan sedang, bisa ditangani dengan membalut pergelangan dengan papan kecil dan disertai suntikan kortikosteroid. Jika hal ini tidak berhasil, prosedur operasi mungkin akan dilakukan. Operasi penting dilakukan jika dicurigai terdapat kerusakan saraf permanen.

Dalam operasi, dokter akan memotong ligamen yang terletak di bagian atas carpal tunnel untuk memperbesar ruang sehingga mengurangi tekanan pada saraf. Operasi pembedahan biasanya ditujukan untuk meredakan gejala. Namun dalam beberapa kasus, tindakan operasi ini tidak sepenuhnya menghilangkan baal atau nyeri.

Pemulihan pasca operasi akibat CTS mungkin butuh waktu lama jika kasus CTS yang terjadi sudah cukup parah. Bahkan, ada kemungkinan tidak ada perkembangan dari penanganan yang sudah dilakukan.

20161201161150

Mencegah Kambuhnya Carpal Tunnel Syndrome

Cara mencegah kambuhnya carpal tunnel syndrome adalah dengan menjaga kesehatan, seperti:

  • Menjaga berat badan ideal.
  • Tidak merokok.
  • Berolahraga agar tetap kuat dan fleksibel.
  • Jika Anda mempunyai masalah kesehatan jangka panjang, seperti arthritis atau    diabetes, maka ikuti saran dokter agar kondisi Anda tetap terkendali.

Kesehatan tangan dan pergelangan tangan Anda juga dapat dijaga dengan:

  • Menjaga pergelangan tangan dalam posisi netral.
  • Menggunakan seluruh tangan dan bukan hanya jari Anda ketika memegang benda.
  • Ketika mengetik : jaga pergelangan tangan lurus dan tangan Anda sedikit lebih tinggi    dari pergelangan tangan. Lemaskan bahu Anda ketika lengan berada di samping.
  • Jika memungkinkan, gunakan tangan secara bergantian ketika mengulangi gerakan    yang sama.

Kapan Anda Harus Menemui Seorang Spesialis Tulang (Ortopedi)?

Karena Carpal Tunnel Syndrome adalah masalah dengan saraf di pergelangan tangan, hal itu dianggap sebagai kondisi ortopedi. Ortopedi adalah cabang kedokteran yang berhubungan dengan masalah tulang, otot, sendi, tendon, ligamen, dan saraf.

Pergi ke ruang gawat darurat segera jika Anda tiba-tiba kehilangan perasaan di lengan Anda. Jika tidak, hubungi dokter atau ahli tulang jika Anda:

Merasakan mati rasa berulang, kesemutan, kelemahan, dan nyeri di tangan yang tidak hilang setelah 2 minggu

  • Secara bertahap kehilangan indera perasa pada tangan atau jari
  • Tidak mampu melakukan gerakan tangan yang sederhana
  • Tidak sengaja menjatuhkan banyak barang – barang
  • Tidak dapat mencubit jari telunjuk dan ibu jari bersama-sama
  • Tidak dapat menggunakan ibu jari dengan benar
  • Tidak dapat bekerja karena gejala Anda

20161201165255

Aktifitas exercises untuk membantu penyembuhan CTS sbb:

Ulangi 5X beberapa gerakan dibawah. latihan ini akan lebih baik bila dilakukan minimal 3 kali sesi setiap hari.

1. Latihan area pergelangan tangan

20161201165342

  1. Fleksi : menekuk lembut pergelangan tangan Anda ke depan. Tahan selama 5 detik. Lakukan 3 set.
  2. Extension : Lembut menekuk pergelangan tangan Anda ke belakang. Tahan posisi ini 5 detik. Lakukan 3 set.
  3. Sisi ke sisi : Dengan lembut pindahkan pergelangan tangan Anda dari sisi ke sisi (gerakan jabat tangan).

Tahan selama 5 detik pada setiap ujungnya. Ulangi minimal 3 kali.

2. Peregangan pergelangan tangan

20161201165354

Dengan satu tangan, membantu untuk menekuk pergelangan tangan ke bawah berlawanan dengan menekan bagian belakang tangan Anda dan tekan selama 15 sampai 30 detik. Selanjutnya, meregangkan tangan kembali dengan menekan jari ke arah belakang dan menahan selama 15 sampai 30 detik. Jaga siku Anda lurus selama latihan ini. Lakukan 3 set pada masing – masing tangan.

3. Tendon meluncur

20161201165315

Mulailah dengan jari – jari tangan Anda mengulurkan lurus. Dengan lembut menekuk sendi tengah jari – jari Anda ke arah telapak bagian atas. Tahan selama 5 detik. Lakukan 3 set

4. Pemerasan Scapular

20161201165331

Saat duduk atau berdiri dengan lengan di samping tubuh, peras tulang belikat Anda bersama – sama dan tahan selama 5 detik. Lakukan 3 set.

5. Extensi Pergelangan tangan

Tahan benda berat di tangan Anda dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Perlahan – lahan tekuk pergelangan tangan Anda ke atas. Perlahan – lahan turunkan beban ke posisi awal. Lakukan 3 set. Secara bertahap tingkatkan berat dari objek yang Anda pegang.

6. Penguatan Grip

Remas bola karet dan tahan selama 5 detik. Lakukan 3 set 10.

0. Beberapa gerakan yang dapat meringankan CTS:

Sekian dulu yang dapat saya bagikan. Jika sahabat sehat merasa dalam sehari sudah terlalu banyak mengetik atau melakukan aktivitas yang berulang menggunakan tangan, tidak ada salahnya sahabat sehat mengistirahatkan tangan sahabat sehat setidaknya 30 – 45 menit.

Jika menemukan rasa tidak nyaman dan kejanggalan pada tangan sahabat sehat, segera konsultasikan pada dokter, supaya diberikan penanganan yang terbaik.

Terima kasih

Jangan lupa like dan share ya sahabat sehat. Dan jangan lupa berkomentar bila ada yang mau ditanyakan.

Iklan