Siapa sih yang nggak kenal sama masalah yang satu ini? Orang yang malas untuk membersihkan wajah cenderung memiliki kulit yang kusam dan banyak bermunculan komedo. Hal ini sering diabaikan oleh sebagian orang, memang komedo ini tidak membuat kulit sakit atau yang lainnya, tapi munculnya komedo sangatlah mengganggu, apalagi yang ada dihidung, yang akan membuat hidung seperti landak atau dungdak (hidung landak).

Tapi jangan khawatir sahabat sehat, karena disini akan dibahas segala hal tentang solusi menghilangkan komedo.

Apa itu Komedo?

20161118172927

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berbagai cara menghilangkan komedo, terlebih dahulu sahabat sehat harus tahu apa itu komedo dan apa saja yang menjadi pemicu terjadinya komedo.

Komedo adalah tumpukan lemak pada wajah yang biasanya terakumulasi disekitar area hidung, mata, dan pipi. Sama seperti jerawat, komedo timbul akibat adanya penyumbatan pada pori – pori kulit wajah yang disebabkan oleh minyak, kotoran, maupun sel kulit mati. Hanya saja komedo tidak diselimuti oleh kulit sebagaimana jerawat.

Komedo pada wajah terbagi atas dua jenis yaitu komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). Komedo hitam disebabkan karena pori-pori yang melebar sehingga terlihat besar dan menghitam. Sedangkan komedo putih disebabkan karena pori-pori tertutup oleh kotoran sehingga tampak ada seperti kulit berwarna keputihan yang menutupi hidung. Pori-pori yang tertutup disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan dan hasil sekresi kelenjar minyak yang berlebihan.

Apa Penyebab Komedo Muncul Di Hidung Dan Wajah?

1434422037869528

Komedo muncul karena pola hidup sehat kita yang menyebabkan komedo kembali muncul. Untuk itu bagi sahabat sehat yang ingin menghilangkan komedo lebih baik ketahui dulu penyebab komedo muncul di hidung dan wajah berikut ini.

1.Produksi minyak berlebih

Akibat kulit wajah yang terlalu berminyak dapat memicu timbulnya komedo pada hidung dan area wajah lain. Saat wajah terasa lengket akibat minyak yang berlebihan, maka kotoran akan semakin mudah menempel. Akibatnya wajah jadi kotor dan pori-pori mudah tersumbat yang akhirnya menyebabkan komedo dan jerawat.

2.Penggunaan make up

Akibat penggunaan make up yang berlebihan juga dapat menyebakan masalah kulit seperti timbulnya jerawat dan komedo. Penyebab komedo putih di hidung ini seringkali tidak diperhatikan, padahal menggunakan make up yang berlebihan dapat mengganggu kebebasan kulit untuk bernapas. Gunakanlah make up sewajarnya saja, selain itu make up juga harus dibersihkan dengan benar pada malam hari sebelum tidur. Jangan sampai sisa make up menyumbat pori-pori kulit dan akhirnya menjadi penyebab komedo yang terdapat pada hidung. Bersihkan lah wajah menggunakan bahan alami agar kulit wajah lebih segar dan terbebas dari komedo.

3.Gaya hidup yang buruk

Perilaku gaya hidup tidak sehat juga dapat menyebabkan komedo. Masalah kulit seperti jerawat akan sangat mudah muncul ketika sahabat sehat menerapkan pola hidup yang buruk dalam sehari-hari. Gaya hidup yang buruk tersebut antara lain merokok, konsumsi minuman alkohol dan sering begadang.

4.Stres

Sahabat sehat yang mengalami masalah berat hingga stres juga dapat mengganggu kesehatan kulit. Stres secara signifikan merusak keindahan kulit termasuk menyebakan munculnya komedo putih pada hidung. Untuk mengurangi tingkat stres, cobalah untuk refreshing dan perbanyak olahraga.

5.Makanan

Selain hal di atas, komedo putih juga bisa disebabkan karena faktor makanan. Makanan yang tidak sehat terutama junk food dan makanan berlemak turut mengganggu kecantikan kulit. Selain menyebabkan komedo, makanan tersebut juga memicu jerawat hingga jerawat batu.

Cara Menghilangkan Komedo

20161118173440

Komedo membuat kurang percaya diri ketika harus bertatap muka cukup dekat dengan orang lain. Beberapa orang mengalami ini, dan akhirnya mencari cara untuk mengatasi nya. Apabila Sahabat Sehat tipikal orang yang tidak mau repot dan memilih cara yang praktis, tentunya Sahabat Sehat lebih memilih untuk pergi ke salon atau klinik kecantikan langganan Sahabat Sehat untuk melakukan perawatan wajah guna mengangkat komedo-komedo yang mengganggu seperti.

1.Pore Cleansing Strips

Pore cleansing strips merupakan sebuah alat yang berguna untuk membersihkan pori dari kotoran dan komedo membandel. Biasanya alat ini terbuat dari bahan katun yang salah satu sisinya lengket.

20161118172842

Cara Menghilangkan Komedo dengan Pore Cleansing Strips:

  • Bersihkan area wajah dulu dengan air hangat. Lalu keringkan dengan handuk.
  • Tempelkan pore cleansing strips ke area komedo.
  • Tunggu selama kurang lebih 1-2 jam agar melekat sempurna.
  • Tarik strips tadi dengan gerakan cepat sampai semua komendo terangkat.

2.Retinoid Cleanser

Retinoid cleanser juga merupakan produk kecantikan yang berguna untuk membersihkan pori dari minyak, bakteri, debu, dan komedo. Alat ini terbilang lebih ampuh menghilangkan komedo dari pada pore cleanshing strips.

20161118172227

Namun karena harganya yang terbilang mahal, tentu membuat kita berpikir dua kali sebelum membelinya. Kamu bisa mendapatkan retinoid cleanser di toko kecantikan atau salon-salon terdekat.

3.Macrodermabrasion

Bagi sahabat sehat yang tak ingin ribet menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami-tradisional diatas, saya sarankan melakukan perawatan macrodermabrasion di spa atau salon kecantikan terdekat.

20161118173418

Dengan bantuan para ahli yang sudah berpengalaman, tentunya komedo sahabat sehat akan hilang dengan cepat tanpa harus ribet. Akan tetapi, perlu sahabat sehat ketahui cara ini menggunakan beberapa bahan kimia yang mungkin saja merusak kulit.

Sebelum sahabat sehat memilih menggunakan alat ataupun perawatan spa, sebaiknya gunakan dulu bahan-bahan alami. Meski terlihat murahan dan sederhana, tapi bahan alami diatas sebenarnya memiliki khasiat yang sangat luar biasa dalam menghilangkan komedo membandel.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

20161118172949

Setelah tau tentang seluk beluk komedo, kini tibalah saatnya untuk membasminya. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo menggunakan bahan-bahan alami yang terbukti ampuh :

1.Pasta Gigi

Setiap orang pasti memiliki pasta gigi di rumahnya. Namun siapa sangka, ternyata pasta gigi sangat ampuh untuk mengatasi komedo. Menghilangkan komedo dengan pasta gigi mungkin terdengar aneh dan tak masuk akal, tetapi agar tau khasiat luar biasanya langsung saja deh coba sendiri di rumah.

pasta-gigi-untuk-komedo_20150818_190621

Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi:

  • Siapkan pasta gigi secukupnya, usahakan herbal dan mint.
  • Bilas wajah dengan air hangat supaya membuka pori, kemudian oleskan pasta gigi secara merata ke bagian komedo.
  • Diamkan sampai pasta gigi tadi keras dan mengering.
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

2.Lemon

Lemon masih satu keluarga dengan buah jeruk, cuman ia memiliki rasa yang lebih masam dari jeruk pada umumnya. Meski demikian, lemon ternyata mengandung vitamin C dan zat asam yang dapat membantu mengangkat komedo. Buah satu ini sangat cocok untuk mennghilangkan komedo hitam yang membandel.

20161118172324

Cara menghilangkan komedo hitam dengan lemon:

  • Siapkan buah lemon segar 1 saja, belah jadi 2 bagian.
  • Bilas wajah dengan air hangat agar pori terbuka dan rileks.
  • Gosokan potongan lemon tadi keseluruh area wajah, terutama yang ada komedonya.
  • Diamkan selama 5-10 menit, meski terasa agak perih.
  • Setelah meresap, bilas dengan air dingin hingga bersih.

3.Lidah buaya

Semua orang tentu sudah tahu manfaat luar biasa lidah buaya untuk rambut. Mulai dari menyuburkan hingga menghitamkan rambut secara alami.

Namun lebih dari itu, lidah buaya juga memiliki khasiat ampuh untuk menghilangkan komedo di wajah. Baik komedo hitam ataupun putih, semuanya bisa dibasmi dengan bahan alami satu ini.

20161118173046

Cara alami menghilangkan komedo dengan lidah buaya:

  • Sediakan lidah buaya segar secukupnya, usahakan baru dipetik.
  • Potong menjadi beberapa bagian, lalu ambil gel didalamnya.
  • Bersihkan muka kamu dengan sabun khusus agar kotoran tak menghambat.
  • Setelah itu oleskan lidah buaya secara merata, kemudian diamkan sampai kering.
  • Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih dan lihat hasilnya.

4.Pepaya

Dulu saya pernah membahas mengenai manfaat pepaya. Selain bagi kesehatan, ternyata buah kaya serat ini juga baik untuk merawat kulit, termasuk salah satunya menghilangkan komedo di hidung, dahi, dan area wajah lainnya. Bahkan dengan penggunaan rutin, pepaya mengandung vitamin E tinggi yang bisa menjaga kesegaran dan kelembaban kulit alami.

20161118173106

Cara membersihkan komedo dengan pepaya:

  • Haluskan daging buah pepaya matang sekiranya 1 cangkir.
  • Campur dengan 1 sdt kopi sampai membentuk adonan pasta.
  • Oleskan merata keseluruh bagian wajah, terutama area komedo.
  • Jangan lupa pijat sebentar agar komedo terangkat.
  • Diamkan sampai terasa kaku, kemudian bilas air hangat.

5.Gandum

Bagi para ibu rumah tangga, tentu gandum bukan bahan yang asing setiap kali memasak. Yup, bahan tradisional ini selain bermanfaat untuk memasak juga bisa membantu mengatasi komedo membandel di wajah.

Selain komedo, ternyata gandum juga bisa memutihkan kulit secara alami karena ia mengandung vitamin B1 yang lumayan tinggi.

20161118173119

Cara mengatasi komedo alami dengan gandum:

  • Siapkan gandum kualitas terbaik secukupnya saja.
  • Campur dengan air hangat hingga membentuk adonan mirip pasta.
  • Oleskan ke area wajah yang sudah bersih.
  • Diamkan kurang lebih 15-20 menitan, lalu bilas air hangat sampai bersih.

6.Putih telur

Menghilangkan komedo dengan masker putih telur sangatlah ampuh. Seperti kita ketahui bersama, telur termasuk salah satu sumber protein terbaik, nah kandungan protein inilah yang berkhasiat untuk komedo. Menariknya lagi, masker putih telur juga berguna untuk mengencangkan kulit alami.

20161118173139

Cara tradisional menghilangkan komedo dengan putih telur:

  • Kocok putih telur seperlunya saja, lebih baik gunakan telur ayam kampung atau bebek agar lebih sehat.
  • Setelah membusa, campurkan sedikit perasan nipis supaya amisnya tak menyengat.
  • Gunakan kuas untuk mengoleskan keseluruh bagian wajah. Tepat pada bagian komedo, beri pijatan lembut selama 10 detik agar terangkat.
  • Setelah agak terasa kaku di wajah, bilas masker tadi dengan air hangat. Agar bau amisnya hilang, kamu juga bisa membersihkan dengan facial foam.

7.Kacang kedelai

Hampir sama dengan putih telur, kacang kedelai juga mengandung protein tinggi. Bedanya, protein dalam kacang kedelai bersifat nabati sedangkan putih telur hewani.

Selain mengandung protein, kacang kedelai juga diperkaya serat terlarut yang bisa membantu mengangkat kotoran di pori, flek hitam, bakteri, dan bahkan komedo membandel.

20161118173157

Cara menghilangkan komedo dengan kacang kedelai:

  • Haluskan kacang kedelai seperlunya. Agar lebih mudah gunakan blender.
  • Selanjutnya gosokan halusan kacang tersebut ke area komedo.
  • Diamkan menempel selama 10 menitan, lalu bilas air hangat.

8.Garam

Garam merupakan salah satu bahan wajib saat memasak. Saya yakin, semua orang tentu sudah mengenal garam. Yup, bahan hasil laut ini ternyata memiliki kandungan yodium tinggi yang dapat membantu mengangkat komedo. Namun agar kulit tak mengalami iritasi, sebaiknya hentikan pemakaian setelah komedo hilang ya.

20161118173213

Cara menghilangkan komedo di hidung dengan garam:

  • Sediakan garam secukupnya saja, lalu haluskan dengan menumbuk.
  • Tambahkan sedikit air perasan lemon sampai garam larut.
  • Gosokan perlahan ke area komedoan selama 10 detik.
  • Diamkan sejenak kurang lebih 30 menitan, lalu bilas air hangat.

9.Kulit jeruk

Siapa bilang kulit jeruk tak bermanfaat? Mulai sekarang kamu bisa menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan komedo secara alami. Disini ada dua metode yang bisa dicoba dengan kulit jeruk, selengkapnya check it out berikut.

20161118173225

Bagaimana cara menghilangkan komedo dengan kulit jeruk?

  • Pertama kamu bisa langsung menempelkan bagian dalam kulit jeruk ke area komedo. Dijamin beberapa saat kemudian komedo akan terangkat.
  • Cara kedua, kamu bisa membuat scrub. Caranya haluskan kulit jeruk lalu campur dengan gula pasir. Kemudian gunakan untuk menggosok bagian komedo.
  • Kalau saya (pribadi) lebih suka memakai scrub, sebab ia lebih ampuh.

10.Gunakan pala

Menggunakan pala untuk merawat kulit mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar penduduk di Indonesia. Namun di negara asia lain, pala sudah banyak dimanfaatkan sebagai masker penghalus kulit.

Selain menghaluskan kulit, campuran pala dan susu juga terbukti cukup baik untuk menghilangkan komedo membandel di wajah. Oleh sebab itu, jangan ragu lagi menggunakan bahan tradisional ini.

20161118173239

Cara tradisional menghilangkan komedo dengan pala:

  • Campurkan bubuk pala dan susu hingga membentuk adonan pasta.
  • Selanjutnya bersihkan area wajah dengan air hangat terlebih dahulu. Ini bertujuan agar membuka pori sehingga komedo lebih mudah terangkat.
  • Sekarang oleskan campuran tadi secara merata, tertama pada bagian komedo beri pijatan lembut selama 10 detik.
  • Agar bekerja maksimal, diamkan kurang lebih 20 menitan. Kemudian bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

11.Baking soda

Mungkin kamu lebih familiar apabila baking soda digunakan untuk membuat kue atau roti. Namun siapa sangka, sifat abrasifnya yang tinggi dapat membantu mengatasi komedo membandel di wajah.

Agar tak mengalami iritasi dan peradangan, sebaiknya hentikan pemakaian jika komedo sudah hilang. Sebab penggunaan baking soda berlebihan akan sangat berbahaya.

20161118172308

Tips menghilangkan komedo dengan baking soda:

  • Larutkan baking soda seperlunya dengan air hangat hingga membentuk pasta.
  • Gosokan keseluruh bagian komedo secara merata.
  • Diamkan hingga mengering dan kaku, lalu bilas air hangat sampai bersih.
  • Lihat hasilnya, sekarang komedo kamu sudah hilang.

12.Kayu manis

Tak hanya bubuk pala saja, tapi kamu juga bisa menggunakan bubuk kayu manis untuk menghilangkan komedo secara tradisional. Agar hasilnya semakin mantap, jangan lupa campur bubuk kayu manis tersebut dengan jeruk lemon dan kunyit.

20161118172251

Cara menghilangkan komedo dengan kayu manis:

  • Siapkan bubuk kayu manis seperlunya saja.
  • Campur dengan perasan lemon dan bubuk kunyit, usahakan membentuk pasta.
  • Oleskan merata keseluruh bagian komedo, lalu pijat sebentar selama 10 detik.
  • Diamkan kurang lebih 20 menitan, setelah kaku bilas air hangat.

13.Gelatin dan susu

Gelatin dan susu bisa menjadi scrub yang efektif untuk membersihkan komedo. Bagaimana tidak? Gelatin memiliki sifat lengket yang dapat mengangkat komedo membandel di pori terdalam. Bahkan dengan penggunaan rutin, wajah kamu akan tampil lebih cerah alami.

20161118173252

Cara mengatasi komedo dengan gelatin dan susu:

  • Campurkan 1 sendok bubuk gelatin (tanpa rasa) dengan 1,5 sendok susu bubuk kedalam mangkuk anti-panas.
  • Masukan kedalam microwave kurang lebih 10 detik.
  • Oleskan campuran tadi dengan menggunakan kuas merata keseluruh bagian komedo.
  • Diamkan selama 10-20 menit agar meresap. Lalu angkat sedikit demi sedikit gelatin tadi. Lihat, sekarang komedo sudah terangkat semuanya.

14.Uap panas

Uap panas dapat membantu terbukanya pori-pori wajah. Apabila sudah terbuka, maka komedo dan kotoran di dalamnya akan sangat mudah sekali hilang. Selain menghilangkan komedo, uap juga terbukti ampuh untuk mengatasi kerutan tanda penuaan dini.

20161118173334

Cara menghilangkan komedo dengan uap panas:

  • Didihkan air bersih secukupnya, usahakan sampai mengeluarkan buih-buih.
  • Tuang air mendidih tersebut ke baskom atau wadah lain.
  • Dekatkan wajah tepat diatas air panas hingga terkena uapnya.
  • Sambil mendekatkan, gosok perlahan area wajah terutam hidung.
  • Bilas dengan memakai air dingin sampai benar-benar bersih.

15.Es batu

Lho kok es batu sih? Emang mau buat es ya? Hmm, jangan salah es batu tak hanya berguna untuk membuat es segar saja, ia memiliki sifat dingin yang dapat meringkas pori, sehingga mampu meminimalisir keluarnya minyak berlebih di bagian pori wajah.

20161118172816

Cara menghilangkan komedo dengan es batu:

  • Siapkan madu, seduhan teh hijau, dan perasan lemon secukupnya.
  • Campur bahan-bahan tadi menjadi satu, kemudian tambahkan sedikit air.
  • Masukan kedalam lemari pendingin sampai membentuk es batu keras.
  • Ambil dan gosokan secara merata ke area komedo. Bila perlu, lakukan sampai es batu tersebut habis.

16.Minyak Pohon Teh

20161118172341

Antiseptik pada minyak pohon teh dapat membunuh bakteri penyebab komedo dan mengurangi peradangan pada kulit.

  1. Teteskan beberapa tetes minyak pada setengah gelas air
  2. Basahi kapas dengan larutan minyak daun teh tersebut
  3. Oleskan kapas pada area yang berkomedo dan biarkan selama 15 menit
  4. Bilas dengan air hangat

Sebelum mengaplikasikan minyak pohon teh pada kulit sebaiknya lakukan uji alergi terlebih dahulu. Oleskan sedikit minyak pada tangan dan tunggu selama beberapa menit. Jika tidak muncul reaksi maka pemakaian dapat dilanjutkan.

17.Teh Hijau

Teh Hijau mampu menyerap kelebihan minyak dan mengatasi komedo yang menyumbat pori. Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk kulit. Berdasarkan penelitian, teh hijau dapat menghambat penyerapan androgen pada kulit serta mengurangi produksi minyak.

Teh hijau dapat mencegah timbulnya jerawat dan komedo dari dalam jika rutin dikonsumsi seriap hari. Selain itu, teh hijau dapat langsung diaplikasan secara langsung pada wajah.

  1. Rendam daun teh hijau dalam air panas selama 5 – 10 menit
  2. Celupkan kapas pada larutan teh hijau dan oleskan pada wajah
  3. Jika menggunakan teh celup, rendam kantong teh selama 3 – 5 menit
  4. Tiriskan kantong teh dan langsung gosokkan dengan lembut pada wajah

Jika anda memiliki bubuk teh hijau anda dapat melakukan langkah berikut :

  1. Buat pasta dengan mencampurkan 1 sendok bubuk daun teh hijau dengan 1 sendok air
  2. Oleskan pasta pada area wajah yang berkomedo
  3. Pijat wajah dengan arah memutar selama 2 – 3 menit
  4. Bilas dengan air hangat dan keringkan

18.Gula

Gula telah lama dikenal sebagai antiseptik alami. Sebelum antiseptik berbasis alkohol ditemukan, larutan gula telah lama digunakan untuk membersihkan kulit dari bakteri.

Gula murni mampu membunuh bakteri termasuk bakteri penyebab komedo. Struktur kristal gula juga dapat mengikis sel kulit mati jika digunakan pada kulit.

  1. Campurkan satu sendok gula pasir dengan satu sendok air
  2. Aplikasikan pada wajah dan gosokkan perlahan lahan selama 2 – 3 menit
  3. Bilas dengan air hangat dan keringkan

19.Oatmeal dan Yogurt

20161118173317

Oatmeal dan yogurt adalah salah satu kombinasi yang tepat untuk menghilangkan komedo. Oatmeal mampu mengikis sel kulit mati, menutrisi sekaligus mencerahkan kulit wajah. Sementara yogurt dapat menyerap minyak berlebih dan melembutkan kulit.

  1. Buatlah pasta dari 2 sendok oatmeal yang dicampur dengan 3 sendok yogurt tawar
  2. Oleskan pasta tersebut merata pada wajah
  3. Diamkan masker selama beberapa menit
  4. Bilas dengan air hangat

20.Cuka Apel

20161118172431

Cuka apel yang bersifat antiseptik mampu menghilangkan bakteri penyebab komedo sekaligus membersihkan pori-pori dari minyak berlebih.

  1. Buat larutan cuka apel dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan satu gelas air
  2. Celupkan kapas pada larutan cuka apel
  3. Oleskan kapas yang telah dibasahi pada wajah terutama dibagian hidung dan dagu
  4. Bilas hingga bersih

21.Lobak

Lobak adalah sayuran sejenis wortel, dan terkenal ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan komedo, tentu saja dengan menjadikan lobak sebagai masker wajah, dimana Perawatan ini boleh dilakukan seminggu sekali.

22.Penuhi Kebutuhan Air Putih

Komedo disebabkan karena di dalam tubuh terdapat zat-zat berbahaya yang bebas merusak sel-sel di tubuh yang disebut dengan radikal bebas. Sel-sel kulit yang mati ini jika tidak segera digantikan dengan sel baru akan menumpuk di permukaan kulit dan menutupi pori-pori. Agar regenerasi sel berjalan dengan cepat dan lancar, air putih dapat membantu proses tersebut. Air putih yang cukup setiap hari bisa membantu tubuh mengeluarkan racun yang mengganggu reproduksi sel, oleh karena itu jaga tubuh Anda agar selalu tetap bersih dari dalam dengan banyak mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

Tips Mencegah Timbulnya Komedo

Bahan – bahan alami diatas mampu menghilangkan komedo akan tetapi komedo dapat muncul kembali apabila kita tidak mencegahnya.

Berikut adalah langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya komedo:

1. Rajin bersihkan wajah

Jangan lupa untuk membersihkan wajah minimal dua kali sehari dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Banyak varian pembersih saat ini yang dibuat khusus untuk membersihkan komedo ( deep clean pore cleanser ).

2. Jaga pola makan

Kurangi asupan makanan berminyak dan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral serta serat yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Memiliki sistem percernaan dan peredaran darah yang bersih adalah salah satu kunci memiliki kulit sehat.

3. Jangan pernah memencet komedo

Jangan memencet komedo pada wajah karena dapat menimbulkan luka dan menyebabkan bakteri menyebar pada permukaan wajah. Hal ini dapat menyebabkan munculnya komedo baru dan bekas luka.

4. Hindari merokok dan mengkonsumsi alkohol

Gaya hidup yang tidak sehat cenderung merusak kulit. Rokok dan alkohol adalah racun bagi tubuh yang memicu pertumbuhan bakteri jahat dan merangsang timbulnya jerawat dan komedo.

5. Ganti sarung bantal minimal seminggu sekali

Sarung bantal yang kotor adalah sarang bakteri yang dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo. Jika anda rajin membersihkan wajah sebelum tidur, hal ini akan sia- sia jika sarung bantal yang anda gunakan untuk tidur tidak terjaga kebersihannya.

Demikian beberapa cara menghilangkan komedo yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Lakukan perawatan tersebut secara rutin terutama bila komedo membandel dan sulit dihilangkan.

Sebenarnya komedo sangat mudah diatasi tanpa harus membeli krim khusus, disarankan cukup menggunakan cara alami saja seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Terima Kasih, Salam Sehat.

Iklan